blog / java · April 7, 2017

Belajar Java Dasar (Dasar Dasar Bahasa Pemograman Java Part 4)

Pada artikel saat ini kita akan membahas tentang perulangan. Perulangan adalah suatu proses didalam program yang dapat mengeksekusi satu(beberapa) statement yang sama secara berulang sampai ditemukan kondisi untuk berhenti. Dalam java terdapat beberapa jenis perulangan. Berikut adalah jenis jenis dari perulangan yang ada dalam bahasa pemograman java, yang akan kita bahas pada artikel ini.

Perulangan while

Pernyataan while berguna untuk melakukan proses perulangan untuk sebuah kondisi, selama kondisi tersebut bernilai benar (true), maka perulangan akan terus berjalan, dan terhenti ketika kondisi bernilai salah (false). Bentuk pernyataan while seperti berikut ini:

While(kondisi){ 
   //isi intruksi 
}

Contoh:

int jumlah = 1; 
while(jumlah <= 10){ 
   System.out.println(jumlah); 
   jumlah++; // menaikkan jumlah 
}

Jika program tersebut dijalankan maka hasilnya ada tulisan no 1 sampai 10. Dan saat jumlah bernilai 11, maka perulangan akan terhenti dikarenakan kondisi bernilai false (11<=10).

Perulangan do while

Perulangan do while merupakan perulangan yang hapir mirip dengan perulangan while namun perbedaanya, pada perulangan do while, maka minimal instruksi akan dijalankan sekali. Bentuk pernyataan do while adalah sebagai berikut:

do{ 
// instruksi 
}while(kondisi);

Contoh :

int jumlah = 100; 
do{ 
   System.out.println(jumlah); 
   jumlah++;  // naikkan jumlah 
}while(jumlah <= 10);

Jika program tersebut dijalankan, maka akan menghsilkan keluaran 100, artinya walaupun kondisi salah, namu minimal isi intruksi akan dijalankan sekali, hal ini dikarenakan proses do while  berbeda dengan while, dimana do while pertama melakukan instruksi baru mengecek kondisi, sedangkan while pertama kali mengecek kondisi baru melakukan intruksi.

Perulangan For

Perulangan for merupakan perulangan yang memiliki variable untuk melakukan pengkondisian, berbeda dengan while dan do while yang kita harus membuat sebuah variable diluar untuk melakukan proses pengkondisian. Bentuk pernyataan for seperti berikut:

for(inisialisasi ; kondisi ; penaikan/penurunan){ 
   //intruksi 
}

Contohnya kita akan menampilkan angka dari 1 = 100, maka dapat menggunakan perulangan for.

for(int i=1 ; i<=100 ;i++){ 
   System.out.println(i); 
}

Didalam proses perulangan kita dapat menyelipkan sebuah perintah yaitu: perintah break atau continue, berikut penjelasannya:

Perintah Break

Perintah break merupakan perintah yang dapat digunakan untuk menghentikan proses perulangan, contohnya  jika kita membuat program:

for(int i ; i<= 100 ; i++){ 
   System.out,println(i); 
   if(i ==5 0){ 
      break; 
   } 
}

Maka program hanya akan menampilkan angka dari 1 sampai 50, karena pada saat I mencapai 50, program dihentikan oleh perintah break.

Perintah Continue

Perintah continue dapat digunakan untuk meloncati sebuah perulangan, maksudnya adalah intruksi yang seharusnya dapat dilewati, hal ini berarti intruksi tidak akan dijalankan, kita dapat lihat pada contoh berikut :

for(int i=1;i<=100;i++){ 
   if(i%2 == 0){ 
      continue; 
   } 
   System.out.println(i); 
}

Jika program diatas dijalankan, maka hasilnya akan menampilkan angka-angka ganjil saja. Hal ini dikarenakan saat nilai i merupakan angka genap, maka perintah continue membuat program tidak menampilkan angka genap karena saat perintah penulisan angka genap perintah dilewatkan untuk melanjut ke statement berikutnya.