blog / java · April 7, 2017

Belajar Java Dasar (Pemograman Berorientasi Objek Part 1)

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas persiapan persiapan sebelum memulai belajar bahasa pemograman java dan penjelasan sedikit mengenai dasar dasar bahasa pemograman java. Namun sebelum itu kita juga harus memahami apa itu pemograman berorientasi objek. Pemograman berorientasi objek merupakan pemograman yang menjadikan objek sebagai komponen utama dalam sistem. Objek merupakan gabungan data dan fungsi, dimana sebuah objek dibuat dari sebuah kelas.

Object

Object merupakan hasil dari sebuah kelas, jika diibaratkan object adalah kue, maka kelas adalah cetakan kuenya, dimana kue dibuat menggunakan cetakan tersebut. Dan sebuah cetakan kue dapat membuat beberapa kue, artinya sebuah kelas dapat membuat beberapa object.

Untuk membuat object dalam java diperlukan sebuah perintah new, dimana cara pembuatannya sama dengan pembuatan variable.

KelasObjek = new Kelas();

Jika dalam kelas yang dibuat objek tersebut dapat attribute, maka dapat dipanggil menggunakan . (titik).

//Mengubah attribute 
Objek.namaAttribute = value;

Jika dalam kelas tersebut memiliki sebuah fungsi(metode), maka dapat dipanggil menggunakan .(titik) dan diakhiri dengan ().

//memanggil fungsi 
objek.namaFungsi();
//memanggil fungsi objek.namaFungsi();

Penjelasan diatas hanya gambaran umum buat kita dalam penggunaan object, karena dalam bahasa pemograman java kita harus mengerti penggunaan modifier, parameter dan lain sebagainya yang akan kita bahas pada tutorial berikutnya.