blog / java · April 7, 2017

Belajar Java Dasar(Kata Kunci Static)

Kata kunci static sebenarnya merupakan penyelewengan dari konsep pemograman berorientasi objek. Alasannya karena dengan menggunakan kata kunci static, kita dapat mengakses sebuah atribut atau metode dari kelas secara langsung tanpa harus membuat objek dari kelas tersebut. Sehingga penggunaan kata kunci static ini telah menyalahi aturan pemograman beroorientasi objek yaitu jika ingin mengakses sebuah atribut atau metode harus melalui objek.

Kata kunci static biasanya digunakan jika kita akan membuat sebuah kelas utilitas, sehingga kita dapat dengan mudah menggunakan metode-metode yang ada dalam kelas tersebut tanpa membuat objek. Misalnya :

package kutugondrong.com;

public class FungsiMateMatika{

   public static int tambah(int x, int y){
      return x+y;
   }

   public static int kali(int x, int y){
   return x*y;
   }

}

Dengan begitu kita dapat langsung mengakses metode kali atau tambah tanpa harus membuat objek FungsiMateMatika, tapi sebelumnya perlu kita ingat bahwa metode static hanya dapat digunakan pada attribut atau metode static lainnya. Maksudnya jika kita memanggil metode non static dalam metode static secara langsung maka, kondisi ini akan menyebabkan error.

package kutugondrong.com;

public class Main{

   public static void main(String []args){
      int x = 3;
      int y = 11;
      int result = FungsiMateMatika.kali(x,y);
   }

}