blog / java · April 7, 2017

Belajar Java Dasar(Overriding)

Overriding merupakan mekanisme dimana sebuah metode dapat dideklarasikan ulang pada kelas turunannya. Perlu ditekankan overriding itu didak sama dengan overloading yang dibahas pada artikel sebelumnya.  Secara sederhananya overriding itu bisa kita ibaratkan dimana suatu kelas anak dapat mengubah atau bisa dibilang memodifikasi atau memperluas data dan method pada kelas induk. Berikut keuntungan dari Overriding : dapat menambahkan sifat atau atribut pada kelas induknya.

Misal ada dua kelas yaitu Bayi dan Dewasa , pada kelas bayi tersebut terdapat metode lari() yang memerintahkan untuk lari.

public class Bayi{ 
   public void lari(){ 
      System.out.println(“Belum bisa lari”); 
   }
}

Setelah itu kelas Dewasa merupakan kelas turunan dari kelas Bayi.

public class Dewasa extends Bayi{ 

}

Setelah itu jika kita coba buat sebuah objek kelas dewasa dan menyuruhnya lari.

public class Main{ 
   public static void main(String []args){ 
      Dewasa dewasa = new Dewasa(); 
      dewasa.lari(); 
   } 
}

Maka hasilnya adalah “Belum bisa lari”, artinya metode lari() yang dipanggil sebenarnya milik kelas bayi yang pastinya tidak dapat berlari. Sekarang jika dianggap kelas Dewasa dapat berlari, maka kita harus mengubah metode lari() tersebut agar dapat berlari, caranya adalah dengan melakukan pendeklarasian ulang(overriding). Caranya adalah dengan membuat metode yang sama dengan metode yang diwarisinya.

public class Dewasa extends Bayi{ 
   public void lari(){ 
      System.out.println(“Lari…Lari..Aku kan berlari”); 
   } 
}

Maka jika program Main sebelumnya dijalankan kembali, maka keluarannya pasti “Lari…Lari..Aku kan berlari”, artinya metode lari() milik kelas Dewasa yang dipanggil.