blog / java · April 7, 2017

Konsep Pemograman Java

Konsep yang digunakan pada pemograman java adalah PBO(Pemograman Berorientasi Objek) atau OOP(Object Oriented Programming) , jadi semua program java merupakan suatu objek. Untuk memahami konsep pemoraman java ada beberapa dasar-dasar OOP yang harus kita mengerti yaitu meliputi class, object, attribute, Method.

Secara umum, OOP adalah teknik yang memfokuskan desain program pada objek dan class berdasarkan pada skenario di dunia nyata. Misalnya sebagai contoh manusia. Manusia secara umum tentunya memiliki  karakteristik, misalnya golongan darah, berat badan, warna kulit dan lain sebagainya. Selanjutnya manusia juga pasti memiliki nama dan karakteristik yang berbeda, contohnya ucok atau butet. Kemudian manusia tentunya juga ada kemungkinan ingin merubah bentuk wajah yang sering dilakukan dengan operasi. Dalam OOP, manusia tersebut identik dengan class, si ucok atau si butet adalah objek. Golongan  darah, berat badan atau warna kulit identik dengan attribut dari suatu objek dan proses operasi perubahan wajah identik dengan method dari suatu objek.

Beberapa manfaat dari pemograman dengan teknik OOP ini adalah kebebasan pengembangan, meningkatkan kualitas ,mempermudah pemeliharaan, mempertinggi kemampuan dalam modifikasi dan meningkatkan penggunaan kembali software. Kembali dengan dasar dasar yang meliputi OOP.

Class

Class merupakan model dari suatu objek yang menjelaskan karakteristik serta fungsi yang dimiliki dari suatu objek. Class merupakan sebuah wadah yang digunakan untuk menciptakan suatu objek. Dengan kata lain class merupakan blueprint atau prototype dari suatu objek.

Berikut ini adalah aturan pembuatan class dalam Java :

  • Dimulai dengan huruf, atau tanda _ atau tanda $.
  • Tidak boleh menggunakan reserve word dalam java, maksudnya adalah tidak boleh

menggunakan kata-kata yang memiliki arti yang spesifik bagi compiler.

  • Tidak boleh memuat operator aritmatika
  • Bersifat case sensitive

Object

Setiap objek memiliki dua karakteristik yaitu Attribute(State) dan Behavior. Attribute(State) merupakan identitas atau informasi objek itu sendiri atau disebut juga sebagai variable. Sedangkan Behavior adalah tingkah laku objek itu atau biasa disebut juga sebagai method.

Attribute

Attribute adalah elemet data dari suatu class. Atribut menimpan informasi tentang class. Attribut dapat juga diartikan sebagai data, variable, progperti atau sebuah field.

Method

Method merupakan suatu operasi berupa fungsi-fungsi yang dapat dikerjakan oleh suatu object.  Method juga sering disebut sebagai operasi atau behavior yang merupakan perintah-perintah procedural yang ditempatkan pada kelas untuk mendapat hasil dari perintah perintah tersebut.