blog / java · April 7, 2017

Belajar Java Dasar (Dasar Dasar Bahasa Pemograman Java Part 5)

Pada artikel sebelumnya di dasar dasar bahasa pemograman java part 4 kita telah membahas perulangan. Kali ini kita juga akan membahas mengenai array dari mulai mendeklarasikan, membuat, memanupilasi dan lain sebagainya yang berkaitan dengan array.  Berikut sedikit penjelasan mengenai array, array merupakan objek yang  dapat digunakan untuk menyimpan sejumlah data. Data yang dapat ditampung pada array dapat berupa tipe data ataupun kelas (objek).

Mendeklarasikan Array

Untuk membuat variabel Array pun berbeda dengan membuat variable biasanya yaitu sebagai berikut:

TipeArray namaArray[];

Dimana tipe Array dapat berupa tipe data biasa seperti int, char, short, atau juga kelas seperti String dan yang lainnya.

Membuat Array

Setelah mendeklarasikan Array, maka perlu dibuat arraynya terlebih dahulu, sebelum Array tersebut digunakan, caranya dengan menggunakan perintah new.

TiperArray namaArray[]; 
namaArray = new TipeArray[jumlah];

Dimana jumlah array merupakan jumlah data yang dapat ditampung oleh array.

Memanipulasi Data Dalam Array

Setelah membuat Array, maka untuk melakukan proses manipulasi seperti menambahkan data ke Array, mengubah data di Array ataupun mengakses data dalam Array, maka diperlukan sebuah indeks, dimana saat membuat sebuah array dengan jumlah 5, maka hasilnya akan terlihat sebagai berikut:

NoIndeks
11
22
33
44
55

Artinya data ke 1 dapat diakses menggunakan indeks 0 dan seterusnya. Dan untuk melakukan proses manipulasi  data dalam Array menggunakan indeks dapat digunakan dengan perintah berikut ini :

namaArray[indeks];

Contohnya sebagi berikut :

int a[] = new int[5]; 
a[0] = 1; 
a[1] = 2; 
a[2] = 3; 
a[3] = 4; 
a[4] = 5; 
System.out.println(a[0]); 
System.out.println(a[1]);
System.out.println(a[2]); 
System.out.println(a[3]); 
System.out.println(a[4]);

Dalam menggunakan array biasanya digabung dengan penggunaan perulangan, sebagai contoh kita dapat melihat perintah dibawah ini :

int a[] = new int[5]; 
for(int i=0;i<5;i++){ 
   a[i] = i+1; 
} 
for(int i=0i<5;i++){ 
   System.out.println(a[i]); 
}

Hasil dari kedua perintah diatas adalah sama, sekarang tergantung bagaimana kebutuhan anda dalam program untuk memanipulasi data menggunakan array.

Array MultiDimensi

Java mendukung pembuatan array multidimensi perkembangan dari array satu dimensi yang artinya kita dapat menambahkan data array ke dalam sebuah array. Cara pembuatannya adalah sebagai berikut :

TiperArray namaArray[][] = new TipeArray[jumlah][jumlah];