blog / java · April 7, 2017

Belajar Java Dasar (Persiapan)

Sebelum memulai belajar pemograman Java, anda harus mempersiapkan beberapa persiapan. Apa saja yang perlu dipersiapkan?. Yakni,  Java development kit versi  1.6 ketas, java runtime environtment versi 1.6 keatas dan NetBeans IDE versi 6.9 ke atas. Dan jika ingin menggunakan editor biasa seperti notepad terlebih dahulu setting java anda.

  1. Java Development Kit

Java development kit merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan proses kompilasi dari kode java menjadi bytecode yang dapat dimengerti dan dapat dijalankan oleh java runtime environtment.

Java Development kit wajib terinstal pada komputer yang akan melakukan proses pembuatan aplikasi berbasis java. Namun java development kit tidak wajib terinstal di komputer yang akan menjalankan aplikasi yang dibangun menggunakan java.

  1. Java Runtime Environtment

Java Runtime Environtment merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk menjalankan aplikasi yang dibangun menggunakan java. Versi JRE harus sama atau lebih tinggi dari JDK yang digunakan untuk membangun aplikasi agar aplikasi dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

  1. NetBeans IDE

Netbeans IDE merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk membangun perangkat lunak yang lain. Netbeans IDE dapat digunakan untuk membangun perangkat lunak berbasis java standard edition, Java Enterprice Edition, Java Micro Edition, JavaFX, PHP, C/C++, Ruby, Groovy dan Pyton.